IndonesiaFansBola.com http://indonesiafansbola.com Indonesia Fans Bola Fri, 07 Feb 2014 18:12:41 +0000 en-US hourly 1 http://wordpress.org/?v=3.5
8 Februari, Debut Eric Cantona Di Daratan Inggris http://indonesiafansbola.com/8-februari-debut-eric-cantona-di-daratan-inggris/ http://indonesiafansbola.com/8-februari-debut-eric-cantona-di-daratan-inggris/#comments Fri, 07 Feb 2014 18:12:41 +0000 ifb http://indonesiafansbola.com/?p=1673 eric-cantona-460_1250254cCantona merambah sepakbola Inggris untuk kali pertama dengan membela Leeds United.

Hari ini, 22 tahun yang lalu, sejarah sepakbola Inggris mencatat debut seorang Eric Cantona untuk Leeds United di pertandingan melawan Oldham Athletic, yang mana pada akhirnya mereka kalah 2-0.

Dengan menggantikan Steve Hodge sebagai pemain pengganti di babak kedua di Boundary Park, Cantona pun mulai memperkenalkan dirinya di pentas sepakbola tertinggi di Britania Raya.

Sejatinya sebelum itu, Cantona sempat menyatakan pensiun dari sepakbola karena mendapatkan hukuman larangan bermain setelah ia melempar bola ke arah wasit ketika membela Nimes pada Desember 1991.

Akan tetapi, hukumannya kemudian ditambah lantaran pada saat menghadiri sidang dengar pendapat dengan Federasi Sepakbola Prancis, ia menghardik masing-masing anggota dengan kata ‘idiot’. Atas tindakannya itu, hukumannya pun digandakan menjadi dua bulan, dan Cantona lantas pensiun.

Untung saja ada pelatih tim nasional Prancis Michel Platini, yang merupakan seorang pengagum Cantona, dan lantas membujuknya untuk kembali. Dengan mempertimbangkan saran dari Gerard Houllier juga, ia akhirnya pindah ke Inggris untuk membangun karirnya lagi, “Dia [Houllier] menyarankan agar saya tidak gabung Marseille dan merekomendasikan saya untuk pergi ke Inggris,” demikian Cantona.

Setelah tiba di Inggris, klub pertama Cantona adalah Sheffield Wednesday, dan manajer mereka Trevor Francis bersiap untuk melakukan transfer. Berhubung Wednesday tidak sanggup untuk membayarkan £1 juta guna mendatangkan Cantona, maka transfer itu tidak terlaksana.

Setelah kegagalan itu, tiba-tiba Howard Wilkinson, manajer Leeds United kala itu – yang tengah bertarung dengan Manchester United untuk mendapatkan gelar liga 1992 – melakukan transfer pria kontroversial tersebut.

Cantona sendiri merapat ke Elland Road pada awal Februari 1992: “Manajer baru saya mengundang saya untuk menyaksikan partai antara Leeds United dan Notts County,” ujar Cantona.

“Perbincangan kami berlangsung kurang lebih satu jam. Pada waktu itu belum ada kontrak yang disepakati, namun kami tahu dengan baik bahwa petulangan bersama akan segera membawa kita bersama-sama. Pengujian saya sendiri akan terjadi di lapangan. Mungkin di laga berikutnya melawan Oldham, jika saya merasa bahwa saya sudah siap.”

Adapun, partai melawan Notts Coutny yang disaksikan oleh Cantona dan Wilkinson berakhir dengan kemenangan 3-0, yang mana membuat Leeds berada di puncak klasemen, namun mereka langsung turun ke urutan kedua sepekan setelahnya pada 8 Februari karena kalah 2-0 dari Oldham.

Saat kekalahan tersebut terjadi, Cantona mencatatkan debutnya sebagai pemain pengganti, dan ia pun pada akhir musim yang sama sukses membantu The Whites menjadi juara, sebelum kemudian hengkang ke Manchester United di pertengahan musim 1992/93.

]]>
http://indonesiafansbola.com/8-februari-debut-eric-cantona-di-daratan-inggris/feed/ 0
Irfan Bachdim Bermain Sebagai Bek http://indonesiafansbola.com/irfan-bachdim-bermain-sebagai-bek/ http://indonesiafansbola.com/irfan-bachdim-bermain-sebagai-bek/#comments Fri, 07 Feb 2014 10:12:07 +0000 ifb http://indonesiafansbola.com/?p=1669 irfan-bachdimIrfan Haarys Bachdim sudah melakukan debut di laga persahabatan bersama Ventforet Kofu, dan ia didapuk menjadi seorang wingback.

Yokohama F Marinos jadi lawan tanding laga persahabatan Ventforet Kofu, klub asal Liga Jepang, atau yang biasa dikenal dengan J.League, tempat Irfan Haarys Bahcdim memulai karier barunya di dunia sepakbola.

Pertandingan yang digelar dalam keadaan dingin diselimuti hujan itu cukup unik, karena dilakukan dalam format empat kali 30 menit, di Miyazaki, Jumat (7/2) pagi waktu setempat. Irfan pun turun saat periode 30 menit ketiga, dimana Kofu memang merotasi seluruh pemain muda dan bintang yang mereka miliki, begitu juga Yokohama F Marinos.

Yang menarik adalah, Irfan Bachdim yang berposisi natural sebagai pemain tengah atau depan, kali ini bermain sebagai seorang wingback dalam formasi Kofu yang menggunakan tiga bek tengah dan dua wingback, di laga ini ia juga berhadapan dengan Shunsuke Nakamura yang telah malang melintang di Eropa bersama Celtic (Skotlandia), dan Espanyol (Spanyol).

Laga ini pun ditutup dengan kemenangan untuk Kofu, 1-0, lewat gol Matsumoto di penghujung laga. Kepada pimpinan redaksi Goal Jepang, Cesare Polenghi, Irfan berbagi kesannya jalani laga pertama sebagai bagian Kofu.

“Ini adalah posisi yang baru untuk saya (sebagai wingback), saya melakukan yang terbaik. Saya juga mempelajari tentang rekan setim lainnya, memahami kemampuan mereka sebagaimana mereka belajar memahami saya,” ucap Irfan kepada Cesare.

“Beberapa dari mereka berbahasa Inggris, dan itu membantu. Tapi sepakbola adalah bahasa yang universal!” ungkapnya tanpa keluah soal adaptasi bahasa.

“Saya dibesarkan dan tumbuh di Belanda, dan sudah lama tidak bermain di udara dingin seperti ini. Bagaimanapun saya sangat menikmati hari-hari pertama saya bersama klub ini,” ceritanya soal Jepang dan suasana dingin.

Irfan bermain dengan baik lewat kecepatan yang ia miliki, Irfan tampak fokus dengan posisi barunya itu dan memahami taktik dengan baik, juga kuat meredam lawan.

“Saya masih belajar tentang Irfan dan bagaimana memanfaatkannya. Tapi satu yang pasti, dia sangat, sangat cepat,” imbuh manajer Ventforet Kofu, Jofuku.

]]>
http://indonesiafansbola.com/irfan-bachdim-bermain-sebagai-bek/feed/ 0
Kritik Messi Habis-Habisan, Cappa Serang Tata http://indonesiafansbola.com/kritik-messi-habis-habisan-cappa-serang-tata/ http://indonesiafansbola.com/kritik-messi-habis-habisan-cappa-serang-tata/#comments Fri, 07 Feb 2014 09:46:31 +0000 ifb http://indonesiafansbola.com/?p=1665 Gerardo+Tata+Martino+FC+Barcelona+Training+OK96UT8t_44lAngel Cappa tak berhenti melontarkan kritik untuk Barcelona. Eks asisten tim Catalan tersebut belum lama ini berbicara dalam salah satu program radio lokal, La Xarxa. Ia mengkritik kebijakan yang diusung oleh pelatih Gerardo Martino kala El Barca ditundukkan oleh Valencia 3-2 di Camp Nou pekan lalu. Sebelumnya ia juga sudah mengomentari penurunan permainan yang ditunjukkan oleh Lionel Messi.

Menurutnya, Tata salah dalam menentukan starting lineup pemain dan itulah yang menjadi biang keladi aib Barcelona di kandang sendiri.

“Hal ini juga penting untuk dicermati, karena Xavi, Iniesta, Messi, Pique, Busquets, dan Mascherano semuanya merupakan sosok kunci, pemain yang sangat penting, terutama di menit-menit akhir pertandingan,” tutur Cappa.

“Namun pelatih harusnya tahu kenapa hal seperti itu terjadi. Saya hanya bisa katakan bahwa cukup aneh melihat Xavi tidak bermain hingga menit akhir dan cukup aneh melihat Iniesta tidak bermain sedari awal,” pungkasnya.

]]>
http://indonesiafansbola.com/kritik-messi-habis-habisan-cappa-serang-tata/feed/ 0
Batistuta: Serie A Lebih Sulit Dari Liga Eropa Lainya http://indonesiafansbola.com/batistuta-serie-a-lebih-sulit-dari-liga-eropa-lainya/ http://indonesiafansbola.com/batistuta-serie-a-lebih-sulit-dari-liga-eropa-lainya/#comments Fri, 07 Feb 2014 09:43:23 +0000 ifb http://indonesiafansbola.com/?p=1661 BatistutaSemasa aktif bermain, Gabriel Batistuta dikenal sebagai striker paling mematikan yang pernah merumput di Serie A. Naluri membunuh serta kekukatan tendangan yang luar biasa membuatnya menjadi sosok yang disegani saat membela Fiorentina, AS Roma, dan Internazionale.

Pria asal Argentina ini baru-baru ini menjalani wawancara bersama TMW dan berbicara tentang beberapa isu penting di dunia sepakbola. Salah satunya adalah tentang kemunduran pamor kompetisi Serie A dalam satu dekade terakhir.

Batigol lantas mengungkapkan pendapatnya soal kualitas sepakbola Italia saat ini. Meskipun kini secara global kalah menarik dari Liga Spanyol dan Inggris, namun pria 45 tahun ini menyatakan bahwa tingkat kesulitan calcio berada di level yang berbeda.

“Serie A mungkin bukan yang kompetisi paling menarik di dunia. Tapi tingkat kesulitannya tetap yang tertinggi, percayalah,” kata Batistuta.

“Di luar sana orang-orang lebih menyukai Premier League dan La Liga. Tingkat kesulitan di Italia sangat kompleks. Taktik adalah segalanya di sini, tim bermain dengan organisasi yang lebih baik. Seluruh lini bergerak bersama untuk mencegah terjadinya gol.”

Batistuta total telah mencetak 183 gol dalam 318 penampilan dalam 12 tahun karirnya di Serie A. Sebelum pensiun, ia sempat memperkuat tim asal Qatar, Al-Arabi.

]]>
http://indonesiafansbola.com/batistuta-serie-a-lebih-sulit-dari-liga-eropa-lainya/feed/ 0
Perview,Liverpool vs Arsenal, Mempertahankan 4 Besar http://indonesiafansbola.com/perviewliverpool-vs-arsenal-mempertahankan-4-besar/ http://indonesiafansbola.com/perviewliverpool-vs-arsenal-mempertahankan-4-besar/#comments Fri, 07 Feb 2014 09:36:57 +0000 ifb http://indonesiafansbola.com/?p=1657 ars liverpoolLaga panas akan tersaji di Anfield kala tuan rumah Liverpool harus menerima kunjungan pemuncak klasemen sementara, Arsenal pada Sabtu (8/2) besok.

Bagi kedua tim, laga ini bisa jadi sangat krusial untuk menentukan perjalanan mereka dalam perburuan gelar Premier League musim ini. The Reds jelas membutuhkan poin penuh guna mendekatkan diri dengan posisi tiga besar. Sementara jika kali ini kalah, The Gunners bisa saja terlempar ke peringkat ketiga.

Jelang laga ini, manajer tim tuan rumah, Brendan Rodgers masih dipusingkan dengan cederanya beberapa pemain pilar, terutama di posisi pertahanan. Kuartet Glen Johnson, Mamadou Sakho, Daniel Agger, serta Jose Enrique masih harus menepi lantaran cedera.

Sementara itu di sisi lain, modal bagus dimiliki Arsene Wenger setelah Alex-Oxlade Chamberlain tampil gemilang kala Arsenal menaklukkan Crystal Palace pekan lalu. Gelandang Mikel Arteta pun sudah kembali ke tim, sementara Jack Wilshere masih diragukan turun di laga ini.

Meriam London datang ke Merseyside dengan bermodalkan catatan apik. Anak asuh Wenger berhasil memenangi tiga dari empat lawatan terakhir mereka ke markas Liverpool. Selain itu, pada pertemuan pertama musim ini, Arsenal mampu mengalahkan Si Merah dua gol tanpa balas.

Laga ini juga akan mejadi ajang adu kreasi bintang dari kedua tim, yakni Luis Suarez yang sementara ini menjadi top skor dengan 23 gol, dan Mesut Ozil, si raja assist dari Arsenal.

]]>
http://indonesiafansbola.com/perviewliverpool-vs-arsenal-mempertahankan-4-besar/feed/ 0